Rabu, 27 April 2011

Perubahan Jadwal Estoril Tak Ganggu Bridgestone

okezone.com:
ESTORIL – Perubahan jadwal GP Jepang akibat gempa dan tsunami ternyata tak membuat penyuplai ban Bridgestone resah. Perusahaan ban asal Jepang justru menyambut baik perubahan kalender MotoGP.

Akibat diundurnya balapan di Motegi, maka seri GP Portugal yang seharusnya digelar pada Oktober dimajukan menjadi awal Mei ini. Bahkan, jeda dengan seri sebelumnya di Spanyol cukup jauh, yakni hingga empat pekan.

Dua tahun terakhir Estoril selalu menggelar balapan pada Oktober. Pada saat itu Estoril selalu diguyur hujan deras yang membuat balapan makin menarik dan Bridgestone dituntut menyediakan ban dengan sempurna.

Kini, dengan adanya perubahan jadwal berarti sedikit banyak mengganggu persiapan Bridgestone sebagai penyalur tunggal ban untuk balapan MotoGP. Estoril yang diprediksi mengalami cuaca panas pada balapan akhir pekan ini diakui Manajer Bridgestone Motorsport Horishi Yamada tak akan ada masalah dalam mempersiapkan ban.

“(Balapan) ini empat pekan setelah GPSpanyol karena adanya penundaan GP Jepang, jadi semua orang berambisi untuk kembali membalap,” kata Yamada, dilansir Roadracingworld, Rabu (27/4/2011).

“Bencana alam di Jepang tak akan berimbas pada suplai ban di MotoGP, jadi tak akan ada masalah di Portugal. Tahun ini balapan Estoril dimajukan dari sebelumnya akan digelar pada Oktober, tapi ini tak membuat perubahan signifikan pada perspektif ban, meski peluang hujan sangat kecil,” dia menambahkan.

Sirkuit Estoril memang sedikit rumit. Pembalap harus mengeluarkan kecepatan lebih dari 325km/jam pada lintasan utama dengan pengereman tinggi di corner pertama, lalu kemudian pengoperan gigi sangat lambat pada turn kesembilan dan sepuluh dan dilanjutkan dengan tikungan yang panjang.

(wei)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More